Kesehatan

Bidara, si daun ajaib pengusir magic & berbagai penyakit

Daun Bidara

Tak banyak diantara kita yang mengetahui tentang tanaman unik satu ini, Bidara (Ziziphus Mauritiana) merupakan salah satu tanaman ajaib yang tak hanya mampu meluluh lantahkan berbagai macam penyakit fisik namun juga mampu mengusir segala hal berbau astral dan magic.

Pohon Bidara merupakan jenis tanaman peredu yang disekitar batangnya di penuhi duri sebagai bentuk mekanisme perlindungan diri. Tanaman yang biasa tumbuh di tempat yang kering ini dapat tumbuh hingga mencapai ketinggian maksimal 15m dan panjang batang mencapai 40m.

Tanaman ini memiliki daun kecil hijau mengkilat dibagian atas danberwarna hijau pucat bertekstur kesat dan berbulu halus. Daun dari tanaman Bidara inilah yang kerap digunakan dalam metode pengobatan baik Medis maupun Non Medis.

Daun Bidara, sudah mahsyur dikenal ampuh dalam mengatasi berbagai macam keluhan Medis, mulai dari yang hanya sekedar menjaga kadar imunitas tubuh, meningkatkan nafsu makan, penghilang depresi, mengobati jerawat, menjaga kesehatan mulut, meringankan luka bakar, mengatasi haid yang tidak lancar, mencegah keputihan, mempercepat penyembuhan luka, hingga penawarampuh bagi penderita diabetes.

Tak hanya dari segi medis, Daun Bidara juga mampu mengatasi berbagai macam keluhan Non Medis, mulai dari gangguan jin, sihir, santet, guna guna dan aneka hal black magic lainnya.

Tak hanya daunnya yang bermanfaat, Bidara juga menghasilkan buah yang juga tak kalah baik manfaatnya. Buah Bidara, atau yang akarb disebut dengan buah Jujube memiliki bentuk fisik lonjong telur berukuran 6-4cm bertekstur keras dan berwarna merah saat masak. Dalam setiap 1 biji Buah Bidar segar, terkandung berbagai macam kebaikan yang bermanfaat untuk tubuh kita seperti, Beta Caroten, Protein, Fosfor, Kalsium, Zat Besi, Vitamin B1, B2 dan B3.

Dikarenakan manfaatnya yang sangat banyak dan mujarab dalam mengatasi penyakit medis & non medis, Daun Bidara kerap beberapa kali disebutkan dalam Al-Quran, seperti dalam beberapa potongan ayat berikut,

فَأَعْرَضُوا فَأَرْسَلْنَا عَلَيْهِمْ سَيْلَ الْعَرِمِ وَبَدَّلْنَاهُمْ بِجَنَّتَيْهِمْ جَنَّتَيْنِ ذَوَاتَيْ أُكُلٍ خَمْطٍ وَأَثْلٍ وَشَيْءٍ مِنْ سِدْرٍ قَلِيلٍ

Kami ganti kedua kebun mereka dengan dua kebun yang ditumbuhi (pohon-pohon) yang berbuah pahit, pohon Atsl dan sedikit dari pohon sidr (bidara).”
(Q.S. As-Saba,16).

Dan pada surat Al – Waqiah ayat 27 – 33,

وَأَصۡحَٰبُ ٱلۡيَمِينِ مَآ أَصۡحَٰبُ ٱلۡيَمِينِ
27.Dan golongan kanan, alangkah bahagianya golongan kanan itu.
فِي سِدۡرٍ مَّخۡضُودٍ
28.Berada di antara pohon bidara yang tak berduri,
وَطَلۡحٍ مَّنضُودٍ
29.dan pohon pisang yang bersusun-susun (buahnya),
وَظِلٍّ مَّمۡدُودٍ
30.dan naungan yang terbentang luas,
وَمَآءٍ مَّسۡكُوبٍ
31.dan air yang tercurah,
وَفَٰكِهَةٍ كَثِيرَةٍ
32.dan buah-buahan yang banyak,
لَّا مَقۡطُوعَةٍ وَلَا مَمۡنُوعَةٍ
33.yang tidak berhenti (berbuah) dan tidak terlarang

Selain itu ada juga beberapa hadits yang menganjurkan penggunaan Daun Bidara dalam memandikan jenzah, seperti dalam Hadits berikut,

اغْسِلْنَهَا ثَلاَثًا أَوْ خَمْسًا أَوْ أَكْثَرَ مَنْ ذَلِكَ إِنْ رَأَيْتُنَّ ذَلِكَ بِمَاءٍ وَسِدْرٍ

Mandikanlah sambil mengguyurkan air yang telah dicampur dengan daun bidara tiga kali, lima kali atau lebih dari itu jika kalian anggap perlu dan jadikanlah yang terakhirnya dengan kapur barus atau wewangian. (HR. Bukhari dan Muslim).

Begitu pentingnya Daun Bidara ini bagi kehidupan umat muslim hingga dianjurkan untuk setiap muslim agar menanam Pohon BIdara ini di masing masing rumahnya. Bagi pembaca yang tidak memiliki cukup waktu untuk menanam dan merawat Pohon Bidara di rumahnya tidak perlu khawatir, karena seiring dengan pesatnya perkembangan zaman. Daun Bidara kini hadir dalam kemasan yang praktis dan siap konsumsi. Berbagai macma olahan Daun Bidara seperti Sabun Bidara, Minyak Daun Bidara, Kapsul Daun Bidara, dan olahan Daun Bidara lainnya bisa di dapatkan dengan mudah di berbagai macam situs e-commerce & online shop kesayangan Anda.

Wa Allahu a’lam bishowab

Ryan Nagara

Demak, 24 Jumada Tsani 1440 H

Ikutlah berdakwah dengan membagikan. InsyaAllah

Comment here